Khatimah, Husnul (2018) Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Implementasi nilai-nilai budaya siri’ adalah suatu proses untuk menerapkan atau melaksanakan suatu kegiatan atau aktivitas yang berharga dan bernilai, memiliki kualitas dan sangat penting bagi individu dan kelompok dengan menjadikan budaya siri’ sebagai pedoman atau falsafah hidup bagi semua perilaku dan pengambilan keputusan terhadap apa yang etis dan logis sehingga lebih terarah. Pembelajaran pendidikan agama Islam selalu dikaitkan dengan nilai-nilai budaya siri’ (malu) baik dari segi keimanan, ibadah dan muamalah, dan juga akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai budaya siri’ dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah yang utuh sebagaimana adanya, tanpa dilakukan perubahan dan intervensi dari peneliti. Pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tingkah laku dengan melihat dan mengamati secara langsung keadaan lapangan, wawancara yang dilakukan dengan menggunakan beberapa informan yang terdiri dari 5 orang yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru pendidikan agama Islam kelas X – XII, dan metode dokumentasi yang digunakan untuk menyimpan data-data dan bukti-bukti hasil penelitian. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif bersifat induktif yaitu suatu analisis data yang diperoleh selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu, kemudian berkembang menjadi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya siri’ di SMK Negeri 1 Parepare sudah diimplementasikan dengan baik. Gambaran tentang nilai metau’ ri Dewata Seuwae (takut kepada Allah/ religius), mappasanre ri elo na Allah Taala (tawakkal), getteng (keteguhan), sipakatau (saling menghormati), lempu’ (jujur), ammaccangeng (kecendekiaan), awaraningeng (keberanian), Reso na tinulu (usaha dan ketekunan), wawang ati mappaccing (Itikad Baik), aperrukeng (Peduli Sosial), dan teccappuri akkaleng (kreatif) dapat diketahui melalui hasil wawancara dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan para guru pendidikan agama Islam dimana nilai-nilai budaya siri’ tersebut dapat dilihat dari tingkah laku peserta didik, meskipun sebagian peserta didik belum sepenuhnya melaksanakan nilai-nilai budaya siri’ tersebut, namun sebagian besar umumnya telah melaksanakan karena soal berhasil atau tidaknya apa yang telah diimplementasikan tentang nilai-nilai budaya siri’ tersebut tergantung dari pribadi masing-masing peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai- Nilai Budaya siri’, Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 15 May 2020 02:17 |
Last Modified: | 15 May 2020 02:17 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |