Saepudin, Saepudin (2014) An Introduction to English Learning and Teaching Methodology. TrustMedia Publishing, Parepare, Indonesia. ISBN 978-979-3549-26-2

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
An Introduction To.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris bukanlah hal yang asing dalam perkembangan bahasa baik di Indonesia maupun di dunia karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa politik, budaya, ekonomi, dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga semua bangsa termasuk Indonesia berlomba-lomba dalam mempelajarinya baik secara formal masuk dalam kurikulum sekolah maupun secara informal. Bahkan saat ini bahasa Inggris telah dipelajari di sekolah dasar bahkan di tingkat taman kanak-kanak. Dengan masuknya bahasa Inggris dari kurikulum baik sebagai mata ajar wajib maupun pilihan atau muatan lokal dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi seharusnya peserta didik dapat berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik bahkan dapat bersaing di tingkat global khususnya di negara-negara Asia tenggara. Pembelajaran bahasa Inggris di lembaga pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, idealnya memungkinkan para peserta didik menguasai 4 keterampilan berbahasa secara fungsional dan proporsional. Hal itu dikarenakan bahasa Inggris bukan hanya berfungsi pasif, yaitu sebagai media untuk memahami apa yang didengar, berita, teks, bacaan dan wacana melainkan juga berfungsi aktif, yaitu sebagai memahamkan orang lain melalui komunikasi lisan dan tulisan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggunakan bahasa sebagai media komunikasi merupakan kunci dan dasar keberhasilan manusia dalam hidupnya.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 May 2020 04:02
Last Modified: 06 May 2020 04:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item