Ratnasari, Ratnasari (2018) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI MIA 2 MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) merupakan kegiatan pembelajaran yang meliputi pemberian materi, pembentukan kelompok secara heterogen, tournament, permainan dan penghargaan. Selain itu pembuatan soal dalam tournament bervariatif yaitu dengan menggunakan pilihan ganda. TGT (Team Games Tournament) berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) kelas XI MIA 2 MAN 1 Parepare. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament), Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan data, serta teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi peserta didik terus dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan hingga mencapai peningkatan yang signifikan. Hal ini dilihat dari taraf signifikan lebih dari 90%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan kecerdasan emosi peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak Kelas XI MIA 2 MAN 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament), Kecerdasan Emosi, Akidah Akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Apr 2020 23:06
Last Modified: 30 Apr 2020 23:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item