Madeyana, Madeyana (2020) Penggunaan Media Audio terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal al-Qur’an Peserta Didik SDIT Bina Insan Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran tahfi>z, kendala dalam penggunaan media audio dan penggunaan media Audio dalam pembelajaran tahfi>z di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insan Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrument penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran yang diterapkan di SDIT Bina Insan Parepare dalam pembelajaran tahfidz yakni yang pertama : non media diantaranya metode klasikal atau jama’, metode talaqqi, dan metode Muraja’ah serta yang kedua dengan menggunakan media audio. (2) Kendala dalam Penggunaan media audio yakni, listrik padam, speaker dan laptop bermasalah, serta peserta didik yang visual. (#3) Penggunaan media audio dapat meningkatkan kemampuan menghafal baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pertama, siswa bersemangat saat mendengarkan murattal sehingga peserta didik fokus terhadap pembelajaran tahfi>z} serta pendidik terus memberikan motivasi keutamaan mengahafal Al-Qur’an. Kedua, media audio dapat diputar berulang-ulang. Ketiga, dapat meningkatkan daya ingat karena ayat yang sering didengarkan akan tersimpan dalam long term memory. Keempat, peserta didik dapat belajar mandiri, peserta didik dapat menambah hafalan atau mengulang hafalan dengan mendengarkan MP3 atau murattal dari HP yang mereka miliki kapan dan dimana pun mereka berada. Selain itu, pendampingan orang tua di rumah juga mempengaruhi peningkatan menghafal peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakn bahwa penggunaan media audio di SDIT Bina Insan kota Parepare dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Audio, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 Apr 2020 03:25
Last Modified: 28 Apr 2020 03:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item