Zulkifli, Zulkifli (2019) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Ii Rumah Sakit Umum Andi Makkasau Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.2200.197.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (i) Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien suatu Rumah sakit. Untuk mengetahui (ii) variabel yang paling berpengaruh atau dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode lapangan (field research) dengan pendekatan deskrptif dan korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Pasien Rumah Sakit Umum Andi Makkasau Parepare, dengan penentuan jenis sampel menggunakan Slovin. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah Kuesioner / Angket. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Analisis Korelasi Antar Varibel Dan Analisis Statistik diantaranya:, Uji Validitas, Uji Realibilitas Uji Multikolineritas Uji Koefisien Determinasi (adjusted R Square Uji Korlasi Ganda R UjiF(Simultan), Uji T(Parsial), dan serta menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan hasil pengujian secara parsial atau Uji t bahwa variabel Keandalan realibility (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien (Y) dengan nilai signifikan 0,002 > 0,05. Sedangkan Variabel Daya Tanggap responsiveness (X2) dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05, dan Variabel Emapti empathy (X5) dengan nilai signifikan 0,004 > 0,05, berpengaruh positif dan signifikant terhadap Kepuasan pasien. Sedangkan Variabel yang lain tidak berpengaruh, Berdasarkan hasil pengujian secara simultan atau uji F bahwa variabel Keandalan realibility (X1), Daya Tanggap responsiveness (X2), Jaminan assurance (X3), Bukti Langsung tangbles (X4), Emapti empathy (X¬5) mempengaruhi kepuasan pasien (Y) secara bersama – sama. Dan pada hasil Analisis Regresi Linier Berganda pada variabel Daya Tanggap responsiveness (X2) dimana nilai koefisiennya sebesar 0,351 dibandingkan dengan variabel lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah variabel Daya Tanggap responsiveness (X2).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:20
Last Modified: 13 Apr 2020 03:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item