Bulan, Sari (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kebiasaan Shalat Zuhur Berjamaah Peserta Didik di Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Baranti Kabupate Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dalam melaksanakan shalat khususnya shalat zuhur berjamaah, hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya peserta didik yang melaksanakan shalat zuhur berjamaah di sekolah apabila telah ditegur oleh guru sehingga dalam hal ini peran guru sanagat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang urgensi shalat berjamaah serta membiasakan peserta didik untuk melaksanakan shalat berjamaah. Pentingnya shalat terutama shalat zuhur berjamaah membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kebiasaan Shalat Zuhur Berjamaah Kepada Peserta Didik di Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kebiasaan Shalat Zuhur Berjamaah di Kelas VII UPT SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten. Sidrap.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan model analisis data Miles dan Huberman yakni data reduction, data display, dan data conclusions drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability),dan kepastian (confirmability). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kebiasaan shalat shalat zuhur berjamaah di kelas VII UPT SMP Negeri 2 Baranti dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik walaupun masih ada sebagian kecil dari peserta didik yang belum terbiasa melaksanakan shalat zuhur berjamaah karena beberapa faktor seperti lingkungan orang tua serta lingkungan masyarakatnya; (2) Guru Pendidikan Agama Islam di UPT SMP Negeri 2 Baranti menggunakan strategi atau pola dalam menumbuhkan kebiasaan shalat zuhur berjamaah kepada peserta didik diantarannya adalah memberikan pembinaan, pembiasaan, menyampaikan ceramah-ceramah tentang urgensi shalat berjamaah, seorang guru berperan sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada peserta didik guna meningkatkan semagat serta kesadaran dalam dirinya agar senantiasa tumbuh kebiasaan dalam diri peserta didik untuk melaksanakan shalat berjamaah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Shalat Zuhur Berjamaah. |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 02:34 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 02:34 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1224 |
Actions (login required)
View Item |