Rahmawati, Rahmawati (2019) Studi Komparatif Prestasi Belajar Fiqhi Antara Peserta Didik Lulusan Madrasah Tsanawiyah dan Peserta Didik Lulusan SMP di MA DDI Lil-Banat Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Kognitif merupakan dasar bagi kemampuan peserta didik untuk berpikir. Jadi proses kognitif berhubungan dengan tingkat kecerdasan (intelegensi) yang menandai seorang dengan berbagai minat terutama sekali ditujukan kepada ide-ide belajar. Kognitif lebih terkait dengan kemampuan anak untuk menggunakan otaknya secara menyeluruh. Kemampuan yang termasuk dalam aspek kognitif sangat banyak dan cakupnya pu sangat luas. MTs singkatan dari Madrasah Tsanawiah setara dengan Sekolah Menengah Pertama yang mana MTs dikelola oleh Kementrian Agama. Sama halnya dengan SMP, MTs juga ditempuh selama 3 ( tiga ) tahun yakni kelas VII sampai dengan kelas IX. Kurikulum madrasah tsanawiyah sama dengan kurikulum sekolah menengah pertama, hanya saja pada MTs terdapat porsi lebih banyak mengenai pendidikan agama Islam. SMP singkatan dari Sekolah Menengah pertama ialah jenjang pendidikan dasar pada pendidikan formal setelah lulus dari sekolah dasar (SD atau sederajat). Sekolah Menengah pertama ditempu selama 3 ( tiga ) tahun yakni kelas VII sampai dengan kelas IX, dulunya Sekolah Menengah Pertama disebut dengan SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama), hingga pada tahun ajaran 2003-2004 SLTP diganti menjadi SMP (Sekolah Menengah Pertama). SMP merupakan sekolah yang dikelola di bawah kemendiknas (Kementrian Pendidikan Nasional). Jenis penelitian ini adalah komparatif dengan deasain kuantitatif komparatif. Adapun sampel penelitian sebanyak 50 orang diambil dari sebagian populasi. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan rumus independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar lulusan MTs sangat baik dengan nilai rata-rata 16.33 diambil dari hasil tes yang telah dibagikan oleh peneliti. (2) Prestasi belajar lulusan SMP cukup baik dengan nilai rata-rata 15.22 diambil dari hasil tes yang telah dibagikan oleh peneliti. (3) Ada perbedaan prestasi belajar Fiqhi peserta didik lulusan MTs dengan peserta didik lulusan SMP di MA DDI Lil-Banat Parepare, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil tes dengan nilai thitung 2.351 > ttabel 2.010 pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, lulusan, lulusan SMP
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Apr 2020 03:22
Last Modified: 06 Apr 2020 03:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item