Riantini, Asruni (2025) PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MAN 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2020203886208033.pdf Download (6MB) |
Abstract
Asruni Riantini. Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Pengamalan Keagamaan Peserta Didik Di MAN 1 Parepare. (Dibimbing oleh Hj. Hamdanah). Kebiasaan bermain online game adalah perasaan yang sudah tertanam di dalam jiwa untuk bermain game yang dilakukan secara berulang-ulang dalam waktu yang bersamaan. Kebiasaan tersebut terjadi karena proses tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang, dari yang awalnya penasaran menjadi suatu kebiasaan dalam kesehariannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebiasaan bermain game online, pengamalan keagamaan, serta pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap pengamalan keagamaan peserta didik MAN 1 Parepare. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif regresi. Populasi penelitian ini terdiri dari 139 peserta didik, dengan sampel sebanyak 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan program Statistic Package for the Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji one sample t test kebiasaan bermain game online (X) diperoleh nilai sebesar 74,615% yang berarti masuk pada kategori sedang. (2) Berdasarkan hasil uji one sample t test pengamalan keagamaan (Y) diperoleh nilai sebesar 75,53% yang berarti berada pada kategori sedang. (3) Berdasarkan hasil nilai t hitung > dari nilai t tabel (-7,091 > 2,003) dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang bermakna bahwa ada pengaruh atau hubungan positif antara kebiasaan bermain game online terhadap pengamalan keagamaan. Uji koefisien determinasi menyatakan pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap pengamalan keagamaan peserta didik MAN 1 Parepare sebesar 47,3% dan 52,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Bermain Game Online, Pengamalan Keagamaan |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 07:40 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/12028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
