Dirman Syam, Ghefira Nur Fatimah (2025) Strategi Pemasaran Syariah Produk Griya Komersil dalam Proses Pengambilan Keputusan Nasabah pada BSI KCP Tamalanrea 2 Makassar. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203861206046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Urgensi peningkatan literasi keuangan syariah dan penetrasi pasar properti melalui skema pembiayaan syariah mendorong perlunya strategi pemasaran yang relevan dan berkelanjutan, khususnya pada produk Griya Komersil di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tamalanrea 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah diterapkan dalam memengaruhi consumer decision making process, serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada pihak internal bank dan beberapa nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pihak internal BSI serta nasabah aktif produk Griya Komersil. Data dianalisis menggunakan teknik triangulasi sumber digunakan untuk memvalidasi data dengan membandingkan informasi dari berbagai narasumber, seperti pihak internal bank dan nasabah, guna memastikan keakuratan dan konsistensi temuan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran syariah di BSI KCP Tamalanrea 2 Makassar telah dijalankan secara terarah dengan pendekatan segmentasi, targeting, dan positioning (STP), serta mengintegrasikan taktik syariah marketing berbasis produk, harga, tempat, dan promosi. Nilai-nilai spiritual, emosional, dan rasional diterapkan secara nyata dalam membangun loyalitas nasabah. Faktor penghambat seperti: keterbatasan promosi, dominasi bank konvensional, serta beban biaya awal, masih menjadi tantangan. Sementara itu, transparansi akad, prinsip keadilan, kejujuran, respons terhadap tren pasar, serta kualitas pelayanan menjadi faktor pendukung yang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, jika BSI mengoptimalkan peningkatan strategi promosi digital yang inklusif, penyederhanaan prosedur bagi nasabah dengan pekerjaan nonformal, serta intensifikasi edukasi berbasis nilai syariah yang disampaikan melalui influencer. Pendekatan tersebut terbukti efektif dalam proses consumer decision making process, karena nasabah merasa lebih yakin memilih produk Griya Komersil yang sesuai dengan prinsip Islam dan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Loyalitas Nasabah, Pemasaran Syariah, Griya komersil, BSI KCP Makassar.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:16
Last Modified: 24 Dec 2025 08:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/12024

Actions (login required)

View Item View Item