Ririn, Ririn (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Berbasis Manajemen Syariah Terhadap Loyalitas Nasabah di BRI Unit Langnga Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Memiliki pelanggan/nasabah yang loyal merupakan tujuan akhir dari perusahaan/lembaga keuangan yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan/lembaga keuangan tersebut. Salah satu cara agar perusahaan/lembaga keuangan mencapai tujuan ini adalah memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanannya. Kualitas layanan yang dimaksud merupakan layanan yang diberikan dengan berdasar pada manajemen syariah yaitu, keadilan, amanah, tanggungjawab, dan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan one sample t-test, uji korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan : berdasarkan hasil perhitungan dari uji one sample t-test, diperoleh nilai t hitung (16,8) > t tabel (1,985), dan dari perhitungan jawaban responden diketahui bahwa rata-rata kualitas layanan yang berbasis manajemen syariah diperoleh nilai 86%, ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang berbasis manajemen syariah memiliki klasifikasi yang sangat baik, dan diperoleh nilai t hitung (15,8) > t tabel (1,985), dan dari perhitungan jawaban responden diketahui bahwa rata-rata loyalitas nasabah diperoleh nilai 84% ini menunjukkan bahwa loyalitas nasabah memiliki kategori yang tinggi. Hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai r hitung (0,994) > r tabel (0,201), dengan signifikansi 0,000 < 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan yang berbasis manajemen syariah terhadap loyalitas nasabah, dan memiliki hubungan yang sangat kuat. Hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana, Y=14,431+0,414X, dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas layanan yang berbasis manajemen syariah (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai 0,266 atau 26,6%, hal ini berarti bahwa kualitas layanan berbasis manajemen syariah mampu menjelaskan loyalitas nasabah sebesar 26,6% dan sisanya yaitu 73,4% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Manajemen Syariah, Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 31 Mar 2020 02:55
Last Modified: 31 Mar 2020 02:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item