Al Fayed, A. Muh. (2025) Strategi Pemasaran KCP BSI Tamalanrea 2 dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Produk Gadai Emas. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203861206058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan target nasabah yang potensial untuk produk gadai emas, menganalisis hambatan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tamalanrea 2 Makassar untuk mencapai target jumlah nasabah gadai emas dan bagaiman strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tamalanrea 2 mempertahankan nasabah yang sudah menggunakan produk gadai emas agar tetap loyal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi dan memahami makna individu atau kelompok terkait dengan masalah sosial atau manusia, khususnya dalam konteks pemasaran produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Tamalanrea 2 Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pemeriksaan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses identifikasi dan penentuan nasabah yang dilakukan BSI KCP Tamalanrea 2 Makassar berfokus pada jaminan emas yang sesuai standar operasional, evaluasi kemampuan nasabah melunasi pembayaran melalui pengecekan saldo serta tidak memandang status sosial. Pemasaran produk gadai BSI KCP Tamalanre 2 Makassar memiliki hambatan meliputi kurangnya informasi produk di masyarakat, persaingan dari lembaga keuangan lain. Akan tetapi, BSI KCP Tamalanre 2 Makassar menerapkan dalam mempertahankan loyalitas nasabah, BSI menerapkan strategi segmentasi berdasarkan pekerjaan dan kebutuhan finansial. Selanjtnya dengan adanya upaya membangun citra dengan memberikan pelayanan yang baik, perlakuan khusus seperti menjaga silaturahmi dan memberikan diskon bagi nasabah yang memperpanjang penggunaan produk gadai. Sehingga, meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah serta mendorong memberikan acuan atau referensi produk.gadai kepada teman dekat atau keluarga dengan begitu mampu menarik minat calon nasabah dalam menggunakan poduk gadai BSI KCP Tamalanrea 2 Makassar. Membangun citra ini selaras dengan positioning dalam sharia marketing strategy dan menjadi langkah yang paling signifikan dalam menarik minat calon nasabah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gadai Emas, Loyalitas Nasabah, Pemasaran Syariah, Strategi BSI
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 24 Dec 2025 05:59
Last Modified: 24 Dec 2025 05:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item