Mursalim, Mihaju’din (2025) Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah Tabungan (Mega Maxi) Bank Mega Kc. Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203861206013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Bank Mega, sebagai salah satu pemain kunci di sektor perbankan, menghadapi tantangan dalam mempertahankan nasabah produk tabungan Mega Maxi, yang mengalami penurunan jumlah nasabah dari 97 (2022) menjadi 59 (2024). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah tabungan Mega Maxi di Bank Mega KC Parepare. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Jumlah sample penelitian ini sebanyak 59 nasabah aktif Mega Maxi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, 1) kualitas layanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 2,991 > t-tabel = 2,003, dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05; 2) kualitas produk (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah (t-hitung = 6,126 > t-tabel = 2,003, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 3) secara simultan, kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan (F-hitung = 82,370 > F-tabel = 2,77, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 74,6% terhadap variasi kepuasan nasabah. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa, Kualitas layanan dan produk merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan nasabah Mega Maxi. Bank Mega disarankan untuk Mempertahankan keunggulan layanan (kecepatan respon, keramahan staf, fasilitas fisik). Meningkatkan inovasi produk (fitur, keandalan, nilai manfaat) sesuai kebutuhan nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Nasabah, Bank Mega, Mega Maxi.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 23 Dec 2025 05:00
Last Modified: 23 Dec 2025 05:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item