Herliana, Herliana (2025) Analisis Penerapan Service Excellence Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Kc Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203861206038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas Analisis Penerapan Service Excellence Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Bank Muamalat Kc Parepare, Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui penerapan service excellence di bank muamalat kc parepare, untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh bank muamalat kc parepare. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data diperoleh langsung dari Customer Service, Teller, security dan Nasabah Bank Muamalat Kc. Parepare. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), verifikasi (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kepuasan nasabah di Bank Muamalat Kc Parepare berada pada kategori tinggi. Hal ini terlihat dari tiga indikator utama, yaitu layanan yang sesuai atau melebihi harapan nasabah, adanya minat untuk kembali menggunakan layanan bank, serta kesediaan nasabah merekomendasikan Bank Muamalat kepada orang lain. Nasabah merasa nyaman, dihargai, dan percaya terhadap kualitas layanan yang diberikan. (2) bahwa penerapan service excellence di Bank Muamalat Kc Parepare telah berjalan dengan baik, ditandai dengan sikap ramah pegawai, respons cepat terhadap kebutuhan nasabah, kemampuan staf dalam menjelaskan produk, penampilan yang profesional, serta tanggung jawab dan jaminan layanan yang diberikan. Nasabah merasa diperhatikan, dilayani dengan efisien, dan memiliki kepercayaan terhadap mutu pelayanan bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: service excellence, kepuasan nasabah.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:18
Last Modified: 23 Dec 2025 01:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11996

Actions (login required)

View Item View Item