Kadir, Natasya Putri (2025) Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Dalam Transaksi Digital Pada UMKM (Seblak Mantul) di Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam transaksi digital pada UMKM, dengan fokus pada studi kasus di usaha kuliner Seblak Mantul, Kota Parepare. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya digitalisasi sistem pembayaran non-tunai, yang menuntut pelaku UMKM untuk beradaptasi demi peningkatan layanan dan efisiensi operasional. QRIS hadir sebagai solusi sistem pembayaran digital yang inklusif dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pemilik usaha, karyawan, dan pelanggan Seblak Mantul. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS di Seblak Mantul memiliki karakteristik sistem informasi yang efektif, ditandai dengan kecepatan transaksi, pencatatan otomatis, dan kemudahan penggunaan. Dari sisi pelayanan, QRIS didukung oleh layanan karyawan yang ramah dan informatif, sehingga menciptakan kenyamanan bagi pelanggan. Kombinasi antara sistem informasi dan kualitas pelayanan berdampak langsung pada peningkatan kepuasan pelanggan, memperkuat loyalitas dan kepercayaan terhadap usaha. Untuk mengoptimalkan efektivitas penggunaan QRIS, diperlukan strategi peningkatan literasi digital, perbaikan jaringan internet, serta integrasi QRIS dengan sistem pelaporan keuangan dan promosi digital. Dengan demikian, QRIS tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran digital, tetapi juga sebagai pendorong transformasi operasional dan pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | QRIS, Efektivitas, Transaksi Digital, UMKM, Kualitas Sistem Informasi, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 01:04 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 01:04 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
