NURFADILAH, NINI (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B RA DDI KANANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886207027.pdf] Text
2020203886207027.pdf

Download (24MB)

Abstract

Nini Nurfadilah,Pengembangan Modul Ajar Loose Part Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B RA DDI Kanang (dibimbing oleh Novita Ashari dan Nurul Asqia). Kecerdasan interpersonal pada anak usia dini mengacu pada kemampuan memahami orang lain. Kecerdasan ini akan membantu anak untuk bekerja sama lebih efektif dengan orang lain di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan interpersonal anak, proses pengembangan, serta hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam mengembangkan Modul Ajar Loose Part untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B RA DDI Kanang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kecerdasan interpersonal anak kelompok B RA DDI Kanang disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran sifatnya konvesional yaitu Teacher Centered. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan subjek penelitian anak kelompok B dengan jumlah 15 anak . Model yang digunakan dalam penelitian ini model Borg & Gall yang terdiri dari 7 tahapan. Hasil validasi dari ahli materi sebesar 89% kategori “sangat layak”, hasil validasi dari ahli media sebesar 88% kategori “sangat layak”, dan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 90% kategori “sangat layak”. Hasil uji coba produk diperoleh dari Angket respon guru menunjukkan persentase 82% kategori “sangat menarik”, hasil lembar observasi guru sebesar 3,81 kategori “Tinggi”, hasil penilaian lembar observasi anak sebesar 88% kategori “sangat layak”. Saran penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada penerapan pada sampel yang lebih luas untuk melihat konsistensi hasil, serta pengembangan modul dalam bentuk digital agar dapat dimanfaatkan secara lebih fleksibel. Selain itu, penelitian berikutnya dapat memfokuskan pada aspek perkembangan lain seperti kognitif, bahasa, atau motorik anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar Loose Part, Kecerdasan Interpersonal, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:33
Last Modified: 22 Dec 2025 07:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item