Marhama, Marhama (2025) INTEGRASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DENGAN PEMBELAJARAN SAINS DI MTS DARUL ULUM ATH – THAHIRIYAH PALADANG PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
18.1100.083.pdf Download (5MB) |
Abstract
Marhama, Integrasi Pembelajaran Agama Islam dengan Pembelajaran Sains di Mts Darul Ulum Ath – Thahiriyah Paladang Pinrang (dibimbing oleh Muzakkir dan Bahtiar) Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran Agama Islam dengan pembelajaran Sains di Mts Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Pinrang dan untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran Sains dengan pembelajaran Agama Islam di Mts Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpuland ata menggunakan observasi dan wawancara kepada 3 orang narasumber yaitu 1 orang guru PAI, 1 orang guru SAINS. Dengan teknik analisis data menggunakan teknik data reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Integrasi pembelajaran Agama Islam dengan pembelajaran Sains di Mts Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Pinrang menunjukkan keberhasilan dalam membentuk pemahaman peserta didik yang holistik dan seimbang antara ilmu dunia dan akhirat. Penggabungan nilai-nilai agama dalam pembelajaran sains membantu peserta didik untuk tidak memisahkan antara ilmu pengetahuan dan keyakinan spiritual, sehingga mereka tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki akhlak dan kesadaran moral yang tinggi. Pendekatan ini mempermudah peserta didik melihat keterkaitan antara fenomena alam yang dipelajari dengan ajaran Islam, yang pada gilirannya memperkuat iman dan meningkatkan motivasi belajar. Sebaliknya, integrasi pembelajaran Sains dengan pembelajaran Agama Islam memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep agama melalui penjelasan ilmiah. Dengan mengaitkan materi sains dengan ayat-ayat Al-Qur’an serta nilai-nilai Islam, peserta didik diajak menyadari bahwa ciptaan Allah penuh dengan keteraturan dan tujuan, yang menumbuhkan rasa syukur, takjub, dan kesadaran moral yang mendalam. Integrasi ini juga mendorong peserta didik berpikir lebih kritis dan sistematis, tanpa meninggalkan penghargaan terhadap nilai-nilai agama, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan aplikatif dalam kehidupan mereka sehari-hari.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI, Pembelajaran SAINS, Integrasi |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:11 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:11 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
