Amin, Zul Fadli (2025) STRATEGI PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA DI PONDOK PESANTREN DDI AL-IHSAN KANANG DALAM PEMBENTUKAN MORAL PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (full text)
2020203869201012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Strategi Penerapan Nilai-Nilai Agama di Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang dalam Pembentukan Moral Peserta Didik. (dibimbing oleh Sitti Jamilah Amin dan Abd. Rasyid) Era modern yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dan arus informasi global, penerapan nilai-nilai agama menjadi semakin urgent dalam menghadapi fenomena degradasi moral di kalangan remaja. Sistem pendidikan pesantren yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam setiap aspek kehidupan santri menjadi solusi efektif dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh secara moral dan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pola penerapan nilai-nilai agama dalam pembentukan moral peserta didik dan menganalisis instrumen yang digunakan dalam mengimplementasikan strategi pembentukan moral peserta didik di Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi untuk memahami secara mendalam fenomena penerapan nilai-nilai agama dalam konteks kehidupan pesantren. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari kyai, ustadz, dan santri, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penerapan nilai-nilai agama di Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang dilakukan melalui internalisasi nilai-nilai ketakwaan, kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab yang diimplementasikan melalui metode pembiasaan dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari santri. Instrumen yang digunakan dalam implementasi strategi pembentukan moral terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu (1) instrumen struktural yang meliputi kurikulum dan jadwal harian santri, peraturan dan tata tertib pondok, serta pengawasan dan pembinaan asrama, dan (2) instrumen kultural yang mencakup keteladanan guru dan pengurus, tradisi dan kegiatan keagamaan, serta penggunaan bahasa dan simbol agama. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi penerapan nilai-nilai agama melalui integrasi instrumen struktural dan kultural terbukti efektif dalam pembentukan moral peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Nilai Agama, Pondok Pesantren Al-Ihsan, Pembentukan Moral |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sosiologi Agama |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 03:41 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 03:41 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
