Hafsoh, Neneng Siti (2025) Analisis Perbandingan Aplikasi Mobile Banking Bank Muamalat Dengan Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara masyarakat dalam mengakses layanan perbankan, aplikasi mobile banking menjadi salah satu solusi yang mempermudah transaksi perbankan. Aplikasi mobile banking yang memiliki fitur unggulan, desain yang menarik, kemudahan penggunaan (usability), dan tingkat keamanan yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara aplikasi mobile banking Bank Muamalat dan Bank Syariah Indonesia dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini, penulis membandingkan kedua aplikasi tersebut berdasarkan empat aspek utama: fitur, desain, usability, dan keamanan, serta dampaknya terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun kedua aplikasi memiliki kesamaan dalam fitur dasar seperti transfer, pembayaran, dan pengecekan saldo, terdapat perbedaan dalam hal desain antarmuka, kemudahan penggunaan, dan pengamanan transaksi. Aplikasi mobile banking Bank Syariah Indonesia cenderung menawarkan lebih banyak fitur dan memiliki tingkat keamanan terjamin, sementara Bank Muamalat lebih fokus pada kemudahan transaksi dengan tampilan yang lebih sederhana. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi kedua bank dalam meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna, serta memperkuat posisi mereka di pasar perbankan syariah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perbandingan Aplikasi, Mobile Banking Bank Muamalat, Mobile Banking Bank Syariah Indonesia, Kepuasan Nasabah. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 04:31 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 04:31 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
