Maharani, Citra Putri (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PROBLEMA KENAKALAN REMAJA DI SMP PGRI 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
18.1100.069.pdf Download (5MB) |
Abstract
Citra Putri Maharani. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Problema Kenalan Remaja di SMP PGRI 1 Parepare (dibimbing oleh Mukhtar Mas‘ud). Fenomena kenakalan Peserta Didik di lingkungan sekolah menengah pertama semakin menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan, khususnya dalam hal pembinaan akhlak dan karakter. SMP PGRI 1 Parepare sebagai salah satu institusi pendidikan tingkat menengah juga menghadapi tantangan serupa, di mana perilaku menyimpang Peserta Didik seperti membolos, berkata kasar, dan melawan guru kerap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk problema kenakalan Peserta Didik serta menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kenakalan tersebut melalui pendekatan pembinaan moral dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada tiga informan, yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, dan salah satu guru mata pelajaran umum di SMP PGRI 1 Parepare. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik dengan merujuk pada teori interaksionisme simbolik dan teori perubahan sosial, yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan dua rumusan masalah utama: bentuk kenakalan dan strategi peran guru PAI dalam mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kenakalan yang terjadi meliputi perilaku indisipliner, kurangnya rasa hormat terhadap guru, serta rendahnya kesadaran beragama. Guru PAI menjalankan perannya secara menyeluruh dengan menjalankan fungsi sebagai murabbi (pendidik), mu‘allim (pengajar), mursyid (pembimbing), mudir (pengelola), muaddib (pembentuk adab), dan ustadz (teladan). Melalui pendekatan spiritual, keteladanan, dialog keagamaan, kerja sama dengan orang tua dan pihak sekolah, guru PAI mampu mereduksi berbagai bentuk kenakalan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru PAI sangat signifikan dalam membentuk karakter peserta didik dan mengatasi kenakalan remaja secara bertahap dan berkesinambungan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Peserta Didik, Pembinaan Akhlak, Strategi Pendidikan, Sekolah Menengah |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 02:23 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 02:23 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
