SURA, MUHAMMAD (2025) PENGARUH PENGELUARAN RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) DAN BEBAN PERIKLANAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203862202076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengeluaran Research and Development (R&D) dan beban periklanan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2024. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan sampel 13 perusahaan manufaktur yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Nilai perusahaan diukur menggunakan Tobin's Q, sedangkan pengeluaran R&D dan beban periklanan diukur sebagai intensitas R&D dan intensitas iklan (persentase terhadap total aset). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) R&D secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, ini dibuktikan dari uji-t yang dilakukan, dimana diperoleh t hitung (0,811) < t tabel (2,00958) dan nilai signifikan 0,421 > 0,05. 2) Variabel beban periklanan berpengaruh signifikan terhadap nilai perudsahaan, terbukti dari nilai t hitung (3,644) > t tabel (2,00958) dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. 3) Secara simultan R&D dan beban periklanan bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang telah dibuktikan dari hasil uji-F dimana diperoleh nilai f hitung (14,240) > nilai f tabel (3,19) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kontribusi penelitian ini menegaskan pentingnya strategi periklanan dalam meningkatkan nilai perusahaan, serta menunjukkan bahwa meskipun R&D belum berdampak langsung secara parsial, perannya tetap penting dalam jangka panjang ketika dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen keuangan dan strategi bisnis, serta menjadi referensi praktis bagi manajer dan investor dalam mengevaluasi efektivitas alokasi anggaran terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Research and Development (R&D), Beban Periklanan, Nilai Perusahaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:23
Last Modified: 22 Dec 2025 02:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item