Armin, Muhammad (2025) PERAN PEMUDA DALAM MERAWAT BUDAYA SIRI DI DESA NEPO KABUPATEN BARRU. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
2020203880230034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemuda dalam merawat dan mengaktualisasikan nilai budaya siri’ di Desa Nepo, Kabupaten Barru, serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut. Nilai siri’, yang merupakan konsep kehormatan dan rasa malu dalam budaya Bugis, masih menjadi pedoman moral yang membentuk perilaku sosial masyarakat, terutama kalangan muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap lima informan yang terdiri dari kepala desa, pegiat budaya, tokoh agama, guru, dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemuda di Desa Nepo tidak hanya memahami siri’ sebagai konsep normatif, tetapi juga menghidupkannya dalam berbagai perilaku nyata seperti menjaga sopan santun, bertanggung jawab dalam kehidupan sosial dan pendidikan, menjauhi perbuatan amoral, serta aktif dalam pelestarian budaya lokal. Mereka juga memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk menyampaikan nilai siri’ secara kreatif dan edukatif. Namun, ditemukan pula berbagai hambatan, seperti lemahnya pembinaan karakter berbasis lokal, pengaruh negatif budaya populer luar, serta pemahaman keliru terhadap makna siri’ yang kadang memicu tindakan kekerasan atau balas dendam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemuda, Budaya Siri’, Pelestarian Budaya, Desa Nepo, Bugis
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:07
Last Modified: 22 Dec 2025 02:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11953

Actions (login required)

View Item View Item