SULAEMAN, NUR SALSABILA (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM DARU ANWAARIL FIRDAUS PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.023.pdf] Text
18.1100.023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nur Salsabila Sulaeman. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik di SMP Islam Daru Anwaaril Firdaus Parepare (dibimbing oleh Bapak Bahtiar dan Bapak Muhammad Ahsan). Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter peserta didik. Menurut Fadilah dan Ridwan Tohopi menekankan pentingnya pengembangan akhlak, spiritual, dan intelektual melalui proses pembelajaran PAI yang bermakna. Dengan demikian, pembelajaran PAI tidak hanya bersifat kognitif tetapi juga menyentuh aspek afektif dan psikomotorik peserta didik. Sementara itu, Menurut Fitri Rezkriyanti Basri, karakter peserta didik meliputi nilai-nilai seperti religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan toleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PAI terhadap karakter peserta didik di SMP Islam Daru Anwaaril Firdaus Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi sebanyak 46 peserta didik, dengan sampel 32 orang yang dipilih menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data dilakukan melalui uji deskriptif, uji One-Sample Test, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pembelajaran PAI berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 66,2 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Tingkat karakter peserta didik juga berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 66,3 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran PAI terhadap karakter peserta didik. Hasil uji regresi menunjukkan nilai R = 0,723 dan koefisien regresi Y = 2,854 + 0,850X. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa semakin baik pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka semakin kuat karakter peserta didik yang terbentuk. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara signifikan mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik di SMP Islam Daru Anwaaril Firdaus Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Karakter, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:52
Last Modified: 22 Dec 2025 01:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11951

Actions (login required)

View Item View Item