Nurmia, Nurmia (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI KELAS VII 3 SMPN 8 KOTA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
18.1100.020 .pdf Download (6MB) |
Abstract
Nurmia. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Meningkatkan Self Confidence Peserta Didik di Kelas VII 3 SMPN Kota Parepare. (dimbimbing oleh Anwar dan H. Mukhtar Mas’ud). Kepercayaan diri merupakan salah satu sikap positif yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena dapat menunjang kelancaran proses pembelajaran serta mendukung pengembangan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 8 Kota Parepare. Hal tersebut tercermin dari kurangnya partisipasi aktif peserta didik selama proses pembelajaran, seperti tidak bersedia mengemukakan pendapat, merasa tidak yakin ketika diminta maju ke depan kelas, maupun saat menjawab pertanyaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri (self confidence) peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran STAD diterapkan melalui pembentukan kelompok belajar heterogen, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, pemberian kuis individu, serta penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan secara bertahap. Pada tahap pra-siklus, kepercayaan diri peserta didik berada pada angka 50%, kemudian meningkat menjadi 68,75% pada siklus I, dan mencapai 87% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik karena mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, kooperatif, dan mendorong keterlibatan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran STAD, Kepercayaan Peserta Didik |
| Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:47 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:47 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
