Resky, Miftahul (2020) IMPLEMENTASI METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMP ISLAM TERPADU AL-IKHLAS PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
14.1100.171.pdf Download (9MB) |
Abstract
Miftahul Resky. Implementasi Metode Learning Starts With A Question dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMP Islam Terpadu Al-Ikhlas Pinrang (Dibimbing oleh Anwar dan H. Muh. Iqbal Hasanuddin). Learning Starts With A Question merupakan metode pembelajaran aktif yang dimulai dengan bertanya kemudian guru menjelaskan apa yang ditanyakan peserta didik. Metode ini diartikan pula sebagai satu cara menciptakan pola belajar aktif yang merangsang peserta didik untuk bertanya tentang mata pelajaran tanpa penjelasan dari guru terlebih dulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana Implementasi Learning Starts With A Question dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Al-Ikhlas Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, PTK dilakukan dengan perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah yang dirangkum dalam bentuk siklus, tingkatan atau daur yang memungkinkan terjadinya kerja kelompok maupun kerja mandiri, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Setiap aksi kemungkinan terdiri dari beberapa langkah, yang terealisasi dalam bentuk kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan baca al-Qur’an di SMP Islam Terpadu Al-Ikhlas Pinrang serta mengetahui implementasi metode learning starts with a question pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik SMP Islam Terpadu Al-Ikhlas Pinrang. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik putri SMP Islam Terpadu Al-Ikhlas Pinrang yang berjumlah 93 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentase 1% kemampuan peserta didik pada siklus I, dan pada siklus II meningkat sampai 87%. Dengan demikian ,dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa metode Learning Starts With A Question pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik SMP Islam Terpadu Al- Ikhlas Pinrang.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Learning starts with a question, kemampuan, peserta didik. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:36 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:36 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
