Putri, Nur Azzahra (2025) Analisis Persepsi Nasabah Dalam Layanan Perbankan BSI Byond Pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Barru. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam sektor perbankan, termasuk perbankan syariah. Salah satu inovasi layanan digital adalah aplikasi BYOND by BSI yang bertujuan mempermudah transaksi dan meningkatkan kualitas layanan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui bagaimana 1) Persepsi nasabah mengenai penggunaan layanan digital BSI Byond pada Bank Syariah Indonesia KCP Barru. 2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat yang dirasakan oleh nasabah dalam membentuk persepsi penggunaan saat mengakses layanan digital BSI Byond ? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian terkait analisis persepsi nasabah dalam layanan perbankan BSI Byond pada Bank Syariah Indonesia KCP Barru adalah: (1) Persepsi nasabah terhadap penggunaan layanan digital BSI Byond menunjukkan bahwa sebagian besar nasabah memiliki pandangan positif, karena aplikasi dianggap memudahkan transaksi, efisien, dan mendukung layanan lainnya seperti gadai dan investasi.(2) Faktor pendorong yang membentuk persepsi tersebut meliputi kemudahan penggunaan, keamanan aplikasi, serta dukungan edukasi dari pegawai bank. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah gangguan teknis dan kurangnya sosialisasi secara menyeluruh. Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nasabah dibentuk oleh kombinasi antara kualitas teknologi, pendekatan edukasi, dan kesiapan pengguna dalam menerima layanan digital berbasis syariah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | : Persepsi Nasabah, Layanan Digital, BYOND by BSI, Kendala, BSI KCP Barru. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 00:40 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 00:40 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
