DARI, SRI ULANG (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN MUZAKKI DI BAZNAS KAB. PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203874236009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh media sosial terhadap peningkatan muzakki di Baznas kabupatn pinrang. (2) seberapa besar pengaruh postingan media sosial Baznas kabupatn Pinrang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Teknik yang digunakan adalah Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis yang diolah dengan program SPSS V 26.0. Hasil tersebut menunjukkan bahwa diketahui nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.111 atau 11,1%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai pengaruh variabel X (Media Sosial ) terhadap variabel Y (Peningkatan Muzakki) menyatakan nilai t hitung 7.355 dan nilai t tabel 7.355 > 0.361 t tabel menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, berarti Media Sosial berpengaruh terhadap peningkatan Muzakki di Baznas Kab. Pinrang. Peningkatan muzakki dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan, dan media sosial merupakan sarana penyampaian informasi secara institusional, sehingga masyarakat semakin mudah dalam mengelola informasi yang diperoleh dari Baznas, dan semakin banyak informasi yang diperoleh maka semakin besar pula minat masyarakat untuk menjadi muzakki di Baznas Kab. Pinrang. Hal itu menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan jumlah muzakki. Informasi yang disampaikan melalui platform seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp terbukti mampu meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta memotivasi masyarakat untuk menunaikan zakat melalui BAZNAS. Dengan demikian, optimalisasi penggunaan media sosial menjadi strategi penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembayaran zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Muzakki, Baznas,
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 19 Dec 2025 07:53
Last Modified: 19 Dec 2025 07:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item