ASIRA, NUR (2025) STRATEGI UPZ KANTOR URUSAN AGAMA DALAM MENSOSIALISASIKAN ZAKAT MAL DI KECAMATAN BATULAPPA, KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
2120203874236007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Adanya kesenjangan jarak yang begitu besar antara potensi dan realisasi zakat, salah satunya bersumber dari pengetahuan dan minat berzakat yang rendah di kalangan masyarakat. Kebutuhan literasi zakat yang begitu renta menjadi tugas utama yang harus dipenuhi lembaga amil, termasuk UPZ KUA sebagai Unit pelaksana yang membantu BAZNAS mengumpulkan zakat di tingkat kecamatan. Keliru persepsi terhadap penunaian zakat dalam masyarakat, pengetahuan, kesadaran serta minat yang perlu digali, sehingga sosialisasi menjadi alternatif solusi yang harus dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dua permasalahan yakni bagaimana bentuk strategi UPZ Kantor Urusan Agama dalam mensosialisasikan zakat mal di Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang, serta apa peluang dan tantangan yang dihadapinya dalam melakukan sosialisasi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pendekatan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam mengidentifikasi temuan penelitian, penulis menggunakan teori komunikasi dari Harold D. Lasswell untuk menemukan pola dan gambaran fenomena dalam proses sosialisasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk strategi sosialisasi UPZ KUA Kecamatan Batulappa meliputi sosialisasi tahunan dan pelatihan agama setiap dua kali setahun, sosialisasi melalui penyuluh agama Islam KUA, pelibatan tokoh agama dan aparatur desa, serta pemanfaatan perayaan hari besar Islam dan kebudayaan lokal. Adapun peluang UPZ KUA dalam melakukan sosialisasi meliputi adanya keterlibatan secara aktif dari BAZNAS Kabupaten, kepercayaan masyarakat terhadap tokoh agama, budaya religiusitas masyarakat, dan terdapat forum keagamaan dan kebudayaan yang bisa dimanfaatkan. Sedangkan tantangan yang dihadapi meliputi minimnya minat membayar zakat di beberapa wilayah desa, kepatuhan berzakat yang belum otomatis sehingga perlu repetisi dan pendekatan secara terus-menerus, belum adanya penggunaan media digital dan cetak dalam sosialisasi, sosialisasi belum merata, kurangnya perhatian terhadap metode ceramah, serta aksesibilitas dan infrastruktur transportasi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, UPZ KUA, Sosialisasi, Komunikasi, Zakat Mal. |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 07:40 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11920 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
