Fadilah, Nurul (2025) ENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KREATIVITAS GURU DI SMPN 2 MATTIRO SOMPE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203886231042.pdf] Text
2120203886231042.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nurul Fadilah, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kreativitas Guru di SMPN 2 Mattiro Sompe (dibimbing oleh H. Saleh dan Alwi). Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 Mattiro Sompe, (2) kreativitas guru di SMPN 2 Mattiro Sompe, (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kreativitas guu di SMPN 2 Mattiro Sompe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk meneliti suatu populasi atau sampel tertentu; Dalam kebanyakan kasus, pengambilan sampel dilakukan secara acak, dan alat penelitian digunakan untuk mengumpulkan data. Tujuan analisis data adalah untuk memverifikasi hipotesis yang telah ditetapkandan jenis penelitiannya ex post facto adalah penelitian yang melihat kembali suatu peristiwa yang telah terjadi dan menentukan faktor-faktor yang mungkin berkontribusi terhadap peristiwa tersebut dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, regresi linear sederhana, uji t dan uji determinan. Hasil penelitian menunjukkan (1) kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 Mattiro Sompe berada di kategori baik dengan nilai 65%, (2) kreativitas guru di SMP 2 Mattiro Sompe berada di kategori baik dengan nilai 61%, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah trhadap kreativitas guru d SMPN 2 Mattiro Sompe dengan nilai sebesar 12.3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, dan Kreativitas Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 18 Dec 2025 08:25
Last Modified: 18 Dec 2025 08:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item