Risna, Nur (2025) PENGARUH PENGELOLAAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TERHADAP KOMPETENSI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DI IAIN PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2120203886231030.pdf Download (5MB) |
Abstract
NUR RISNA, Pengaruh Pengelolaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Kompetensi Akademik Mahasiswa Fakultas Tarbiyah di IAIN Parepare. (dibimbing oleh Abd. Halik) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengelolaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap peningkatan kompetensi akademik mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Meskipun program ini menawarkan pembelajaran berbasis praktik, pelaksanaannya masih menghadapi kendala seperti kurangnya koordinasi, minimnya informasi, dan pemantauan yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 100 responden dipilih secara purposive. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengelolaan Program MBKM terhadap kompetensi akademik mahasiswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbatasan dalam pelaksanaan, program MBKM tetap memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa secara akademik. Dengan demikian, optimalisasi pengelolaan program MBKM menjadi faktor penting dalam mendukung kualitas pembelajaran dan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Program MBKM, Kompetensi Akademik Mahasiswa, Profitabilitas |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 08:14 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 08:14 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
