Amelia, Amelia (2025) MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 3 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2120203886231025.pdf Download (7MB) |
Abstract
Amelia, 2120203886231025. Dengan judul skripsi Manajemen Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisplinan Peserta Didik di SMAN 3 Parepare. (Dibimbing oleh Ibu Hamdanah.) Pembinaan kedisiplinan di sekolah memiliki peran yang sangat penting, karena tidak hanya berkaitan dengan kepatuhan terhadap aturan, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik yang bertanggung jawab. Namun, realitasnya menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik masih tergolong rendah sehingga memerlukan pembinaan yang lebih intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan peserta didik di SMAN 3 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling, serta peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari berbagai artikel dan jurnal ilmiah. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik di SMAN 3 Parepare saat ini menunjukkan dalam kategori sedang, tetapi tetap memerlukan peningkatan lebih lanjut, dimana sebagian peserta didiknya masih ditemukan melakukan pelanggaran dalam aspek waktu, menaati dan menegakkan aturan, belajar, beribadah dan lingkungan. 2) Perencanaan BK meliputi program sosalisasi, konseling individu, dan kunjungan rumah, adapun pengorganisasiannya meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK, wali kelas, anggota OSIS, patroli keamanan sekolah serta orang tua peserta didik. 3) Pelaksanaan BK yaitu dengan memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik seperti bimbingan klasikal, bimbingan individu, kunjungan rumah serta memberi contoh teladan dan mengajak peserta didik berperilaku disiplin, adapun pengawasannya yaitu dengan adanya wajib lapor bagi yang melanggar serta pemantauan langsung oleh pihak sekolah terhadap perilaku peserta didik di lingkungan sekolah serta keterlibatan orang tua dalam mengawasi dan membimbing dari rumah.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Bimbingan Konseling, Kedisplinan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 08:02 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 08:02 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
