PUTRI, PUTRI (2025) PERAN BAZNAS DALAM PEMBERDAYAAN GURU NGAJI DI KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
21202 03874236003.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini mengkaji mengenai peran BAZNAS dalam meningkatkan kesejahteraan guru ngaji melalui program pemberdayaan dan pemberian insentif, dengan tujuan penelitian, untuk mengetahui : (1) Program pemberdayaan guru ngaji yang dilakukan oleh BAZNAS dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pengajaran guru mengaji di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. (2) Peran BAZNAS dalam pemberdayaan guru mengaji di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, model data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Program pemberdayaan guru ngaji yang dilakukan oleh BAZNAS dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pengajaran guru mengaji di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang sebagai langkah strategis dalam meningkatkan dan memberikan penghargaan atas peran penting mereka dalam membina generasi Qur’ani. Meskipun insentif yang diberikan masih terbatas, manfaatnya dirasakan langsung oleh para guru ngaji. Namun, efektivitas program masih terkendala oleh persoalan akurasi data, distribusi bantuan yang belum merata, dan kurangnya koordinasi antar lembaga. Oleh karena itu, diperlukan pembenahan sistem pendataan dan evaluasi untuk memastikan program ini berjalan secara adil, transparan, dan berkelanjutan. Secara keseluruhan, program ini layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan agar memberikan dampak yang lebih luas bagi kesejahteraan guru ngaji dan kemajuan pendidikan agama di daerah. (2) Peran BAZNAS dalam pemberdayaan guru mengaji di Kabupaten Pinrang, BAZNAS telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesejahteraan guru mengaji melalui program pemberdayaan berbasis insentif, yang menjadi bentuk apresiasi terhadap peran vital mereka dalam membina generasi muda melalui pendidikan Al-Qur’an dan nilai-nilai keislaman. Meskipun bantuan yang diberikan belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan hidup para guru mengaji, program ini memberikan dampak positif dan membantu meringankan beban ekonomi mereka. Namun, tantangan seperti besarnya bantuan yang masih terbatas dan perbedaan persepsi penerima menunjukkan perlunya perbaikan dalam pengelolaan program. Program ini memiliki potensi besar untuk menjadi sarana pemberdayaan jangka panjang yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan guru mengaji, tetapi juga memperkuat sistem pendidikan agama secara menyeluruh di masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Insentif, Guru Ngaji |
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:44 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:44 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
