Yunus, Derby (2025) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah nasabah Produk Tabungan Haji Dan Umroh IB Pada Bank BTN Syariah Parepare”. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861206111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk Tabungan haji dan Umroh IB pada BTN Syariah KCP Parepare. Indonesia, sebagai pemimpin keuangan syariah, memiliki potensi besar untuk produk tabungan haji dan umroh, terutama di Parepare. Bank BTN Syariah menawarkan solusi sistematis dan sesuai syariah untuk mempersiapkan dana ibadah. Namun, promosi yang inovatif dan edukatif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk ini, sehingga dapat membantu mewujudkan impian menunaikan ibadah haji dan umroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh Bank BTN Syariah Parepare dalam pemasaran produk tabungan haji dan umroh dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implemetasi strategi promosi produk tabungan haji dan umroh di BTN Syariah Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan survei lapangan untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, serta dokumentasi. Data primer diperoleh dari wawancara dengan karyawan dan nasabah Bank BTN Syariah Parepare, sedangkan data sekunder berasal dari literatur. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bank BTN Syariah KCP Parepare menerapkan strategi promosi melalui media sosial, pamflet, hadiah langsung, dan kerja sama eksternal. Strategi ini efektif menjangkau masyarakat luas. Strategi promosi BTN Syariah Parepare cukup efektif melalui pendekatan internal dan eksternal, seperti Strategi promosi melalui Media Sosial seperti Menayangkan poster dan video singkat (Reels), Promosi Penjualan contohnya memberikan hadiah (Souvenir) dan program khusus saat pembukaan tabungan, Penjualan Tatap Muka, nasabah pembiayaan KPR wajib membuka tabungan ibadah, Publisitas, Bank BTN Syariah menyumbangkan dana untuk renovasi mesjid, Hubungan Masyarakat, mengunjungi instansi secara langsung dan Pemasaran Langsung,Bank BTN Syariah rutin melakukan komunikasi dengan nasabah. (2) Faktor pendukung utama strategi promosi Tabungan Haji dan Umroh di Bank BTN Syariah adalah adanya kerja sama dengan Intansi Syariah dan fasilitas pembiayaan Multijasa. Kedua layanan ini memudahkan calon jemaah yang belum memiliki dana penuh dengan menawarkan skema pembiayaan ringan untuk memperoleh nomor porsi keberangkatan haji. Namun, Faktor penghambat utama dalam strategi promosi produk Tabungan Haji dan Umroh di BTN Syariah KCP Parepare meliputi kendala tingginya biaya setoran awal, daya saing antar bank syariah, dan cakupan promosi yang masih terbatas. Kondisi ini menyulitkan masyarakat berpenghasilan rendah untuk menabung, serta membuat promosi belum maksimal menjangkau masyarakat luas secara berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Promosi, Produk Tabungan Haji dan Umroh, Bank BTN Syariah Parepare |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:45 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:45 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
