Basri, Fadila Tunnisa (2025) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PEMBERDAYAAN GURU DI MAN 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203886231009.pdf] Text
2120203886231009.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fadila Tunnisa Basri, Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Pemberdayaan Guru di MAN 1 Parepare (dibimbing oleh Amiruddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan manajemen berbasis sekolah di MAN 1 Parepare terhadap peningkatan pemberdayaan guru, (2) dampak bagi guru dalam penerapan manajemen berbasis sekolah terhadap pemberdayaan guru, dan (3) bentuk evaluasi yang digunakan untuk menilai dampak manajemen berbasis sekolah dalam pemberdayaan guru di MAN 1 Parepare. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan kepala madrasah, guru, dan masyarakat sebagai sumber utama. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di MAN 1 Parepare telah memberikan keleluasaan lebih bagi para guru dalam mengelola proses pembelajaran, terlibat dalam pengambilan keputusan sekolah, serta memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional. Hal ini berdampak positif pada meningkatnya semangat kerja, rasa tanggung jawab, dan keterlibatan guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Evaluasi terhadap pelaksanaan MBS dilakukan melalui penilaian terhadap kinerja guru serta efektivitas program-program sekolah. Dengan demikian, penerapan MBS terbukti mendukung pemberdayaan guru secara berkesinambungan dan turut mendorong peningkatan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Pemberdayaan Guru, Kualitas Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 18 Dec 2025 07:37
Last Modified: 18 Dec 2025 07:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item