Aulia, Dian Hardianti (2020) Strategi Peemasaran Taman Wisata Puncak Bila Kabupaten Sidrap dalam Meningkatkan Minat Wisatawan (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.2200.046.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Strategi merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup dari suatu perusahan untuk mencapai sasaran atau tujuan perusahaan yang efektif dan efisien, perusahaan harus bisa menghadapi setiap masalah-masalah atau hambatan yang datang dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Usaha pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata, menyediakan atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata, dan usaha lain dibidang tersebut. Dalam hal meningkatkan minat wisatawan ditaman wisata puncak bila perlu menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan manajemen syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung berhubungan dengan objek penelitian yang diteliti yaitu pemilik wisata dan wisatawan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data yang besifat primer dan yang bersifat sekunder. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemenuhan kebutuhan Wisatawan pengelolah Taman Wisata Puncak Bila mampu memberikan pelayanan kepada wisatawan dengan cara wisatawan merasa nyaman jika datang berkunjung dengan keluarga juga Dalam meemenuhi kebutuhan Wisatawan atau menciptakan nilai bagi Wisatawan dan membagun hubungan yang kuat dengan menjaga rasa aman dan menimbulkan kenyamanan kepada wisatawan dengan cara menerapkan aturan dilarang membawa hal-hal yang dapat merugikan wisatawan maupun peengelolah Taman Wiasata Puncak Bila. Adapun beberapa strategi pemasaran yang dilakukan taman wisata puncak bila kabupaten sidrap dalam meningkatkan minat wisatawan sesuai dengan manajemen prinsip syariah diantaranya sebagai berikut: 1) Strategi pasar sasaran (targetting) yang digunakan dalam meningkatkan minat wisatawan yaitu dalam target pasarnya Taman Wisata Puncak Bila menerapkan prinsip keadilan, amanah dan tanggng jawab serta komunikatif. Pengelolah Taman Wisata Puncak Bila dalam meningkatan kebutuhan wisatawan lebih mengutamakan fasilitas atau wahana yang benar-benar dibutuhkan wisatawan. 2) Strategi kebutuhan konsumen yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan wisatawan yaitu kebutuhan konsumen taman wisata puncak bila telah memenuhi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan ego, dan kebutuhan aktualisasi diri. 3) Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang digunakan dalam meningkatkan minat wisatawan yaitu meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Dan dianggap telah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Minat Wisatawan, dan Manajemen Syariah. |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 30 Mar 2020 08:01 |
Last Modified: | 30 Mar 2020 08:01 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1189 |
Actions (login required)
View Item |