Arif, Muhammad Imran (2024) PERAN PENGAWAS PAI TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2020203886231026.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Imran Arif. Peran Pengawas PAI terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. (Di Bimbing oleh Bapak Abd. Halik dan Abdullah. Thahir). Pengawas pembelajaran Agama Islam adalah meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam dalam mengelola dan mengembangkan proses pembelajaran di sekolah baik dalam bentuk intra maupun ekstra kurikeler Pendidikan Agama Islam. Mutu pembelajaran adalah proses kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang difokuskan kepada peningkatan mutu yang mengacu pada prestasi yang dicapai sekolah pada setiap kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran Pengawas, Mutu Pembelajaran PAI, faktor pendukung dan penghambat. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian berupa kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunkan , Analisis deduktif, Analisis induktif, dan Analisis Komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) mencakup berbagai aspek, seperti pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama, keterampilan dalam menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, dan membentuk karakter siswa serta. Terutama dalam hal mutu pembelajaran PAI berperan sangat penting dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa terhadap ajaran agama seperti pelaksanaan kebijakan wajib shalat dhuha dan dhuhur di masjid. 2) Faktor pendukung peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) meliputi ketersediaan kurikulum yang relevan, dukungan dari pengawas dan pimpinan sekolah, serta komitmen guru dalam mengembangkan metode pengajaran yang inovatif. Selain itu, partisipasi aktif siswa dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran juga menjadi aspek penting. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, seperti kurang kesiapan siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya ketersediaan fasilitas pembelajaran Minimnya buku paket siswa. 3) Kontribusi pengawas PAI dalam menigkatkan mutu pembelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 4 Parepare untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dengan melakukan pendampingan dengan terjun langsung di kelas, pemahaman kurikulum, pengawas juga mengorganisasi forum diskusi dan pembinaan kepada guru melalui MGMP dan serta memberikan bimbingan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Mutu Pembelajaran, Faktor Pendukung dan Penghambat, Pengawas PAI |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:11 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:11 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
