Kamalia, Kamalia (2024) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA NEGERI 2 PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2020203886231023.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kamalia. Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompwtwnsi Guru di SMA Negeri 2 Pinrang. (Di Bimbing oleh Bapak Ismail dan Bapak Muhammad Alwi). Manajemen Strategi Kepala sekolah merupakan suatu rangkaian aktifitas terhadap pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan komprensif, dan sertai dengan penetapan cara digunakan oleh pemimpin dan juga di laksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat dalam suatu lembaga dalam mencapai tujuan yang di harapkan. Kompetensi guru merupakan hal yang sangat penting dan membutuhkan keahlian khusus sehingga memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran yang menentukan mutu pendidikan di suatu satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Strategi, peran, dan kompetensi guru. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian berupa kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dikembangkan SMA Negeri 2 Pinrang bertujuan untuk melibatkan seluruh guru dalam proses perencanaan, memastikan mereka memiliki keterampilan yang baik untuk mengatasi permasalahan media pembelajaran, dan membina komunitas belajar untuk meningkatkan keterampilannya. 2) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di sekolah sangat penting untuk dilakukan melalui berbagai platform seperti platform Merdeka Mengajar. Setelah pelaksanaan di lakukan maka di perlukan evaluasi untuk bisa mengetahui keberhasilan sejuah mana kebutuhan pengembangan kompetensi guru, untuk menilai evektifitas program pengembangan guru kepala sekolah merancang IHT atau yang di sebut juga dengan (in house training) sebagai pelatihan di sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru. 3) Kepala sekolah memberikan pelayanan kepada guru untuk selalu meningktkan kompetensi yang di miliki oleh setiap guru dengan menyediakan ruang digital diamana ruang digital tersebut menjadi wadah bagi guru untuk saling menukar pikiran dan pengetahuan untuk meningkatkan kompetensinya. Kepala sekolah selalu juga menerima saran atau masuk baik dari guru ataupun siswa, selain itu sekolah SMA Negeri 2 Pinrang juga termasuk sekolah yang paling banyak mmemiliki guru penggerak, dengan adanya guru penggerak mereka dapat membagi ilmu pengetahuan dan pengelamannya dengan guru-guru lain.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Kepala sekolah, Guru |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:38 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:38 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
