Trivani, Andhini (2025) Strategi PT. Bank Mandiri KCP Parepare Patompo Mengatasi Keterbatasan Pengetahuan Teknologi dalam penggunaan Mobile Banking. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
ANDHINI TRIVANI-2120203861206032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perbankan untuk menyediakan layanan mobile banking untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi nasabah. Namun, penggunaan mobile banking masih menghadapi hambatan, terutama di kalangan nasabah yang memiliki keterbatasan pengetahuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala teknologi yang dihadapi dalam proses edukasi penggunaan mobile banking, bagaimana strategi yang diterapkan PT. Bank Mandiri KCP Parepare Patompo mengatasi keterbatasan penggunaan mobile banking dan sejauhmana strategi tersebut efektif dalam meningkatkan penggunaan mobile banking PT. Bank Mandiri KCP Parepare Patompo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kendala teknologi yang dihadapi dalam proses edukasi penggunaan mobile banking ada dua faktor yaitu faktor internal (keterbatasan sumber daya manusia dari pihak perbankan, kurangnya kegiatan edukasi pemasaran melalui media sosial) dan eksternal (kurangnya pemahaman nasabah, kendala teknis dan banyaknya kompetitor). 2) Bagaimana strategi yang diterapkan PT. Bank Mandiri KCP Parepare Patompo untuk mengatasi keterbatasan penggunaan mobile banking dengan mengadakan program pelatihan dan workshop, meningkatkan keamanan dan privasi mobile banking dan menyediakan layanan pelanggan yang responsif. 3) Sejauhmana strategi tersebut efektif dalam meningkatkan penggunaan layanan mobile banking PT. Bank Mandiri KCP Parepare Patompo terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi yang dihasilkan berhasil menarik minat nasabah dan mendapat sekitar 55 pembukaan rekening baru per bulannya.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengetahuan, Mobile Banking, Bank Mandiri |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 05:11 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 05:11 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
