Wahyudin, Febri (2025) Pemasaran dalam Menghimpun Dana Pihak Ketiga di BMT Nurul Iman Bungi Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
FEBRI WAHYUDIN_2120203861206068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Persaingan antara lembaga keuangan, termasuk Baitul Maal wat Tamwil (BMT), penerapan strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) sebagai sumber utama pendanaan operasional. BMT Nurul Iman Bungi sebagai lembaga lembaga keuangan syariah, menghadapi tantangan dalam mempertahankan dan meningkatka jumlah DPK di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang tidak stabil (fluktuatif). penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis produk simpanan yang ditawarkan, menaganalisis strategi pemasaran yang diterapkan dalam menghimpun dana DPK, serta mengevaluasi sejauh mana strategi tersebut diterapkan dalam penghimpunan DPK, serta mengevaluasi sejauh mana strategi tersebut selaras dengan prinsip – prinsip perbankan syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomonologis, yang bertujuan untuk menggali pengalaman langsung para informan terkait strategi penghimpunan dana, teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam dengan delapan narasumber yang terdiri dari lima nasabah, dua orang staf, dan satu ketua BMT, serta pengumpulan dokumen pendukung. Untuk memastikan keakuratan dan validitasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi yang mencakup triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil penelitian yaitu bahwa produk simpanan yang ditawarkan oleh BMT Nurul Iman Bungi mencakup simpanan pendiri, simpanan dengan akad mudharabah, serta simpanan wajib anggota. Adapun strategi pemasaran yang digunakan antara lain pendekatan langsung kepada nasabah, peningkatan mutu pelayanan, promosi berbasis komunitas, serta penekanan pada nilai-nilai syariah serta keterbukaan dan bebas dari unsur riba. Strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memperkuat penghimpunan dana. Ditinjau dari sudut perbankan syariah, strategi ini mencerminkan nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, serta kepedulian terhadap kemaslahatan umat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Strategi Penghimpunan, Dana Pihak Ketiga, BMT, Produk Simpanan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:29 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:29 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
