Arifin, Rahma (2020) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Pada Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.0211.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang keefektifan penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Parepare. Dengan tujuan yaitu (1) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan keaktifan peserta didik (2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental yang menggunakan pre dan pos tes grup pada dua kelas yaitu kelas VIII.3 dan VIII.4 di SMP Negeri 8 Parepare. Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada tiap pertemuan yang dapat dilihat dari lembar survey dan observasi. (2) Penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari adanya perbedaan hasil tes pada dua kelas. Nilai rata-rata pos tes pada kelas eksperimen adalah 85,2 sedangkan kelas kontrol adalah 71,6 (3) Penggunaan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran PAI efektif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII.3 di SMP Negeri 8 Parepare. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan thitung = 4,352 > ttabel =2,064 dengan taraf signifikan 5%, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Student Teams Achievement Division, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Mar 2020 21:49
Last Modified: 27 Mar 2020 21:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item