Ferdiansyah, Muhammad (2025) Analisis Faktor layanan Digital Banking dalam peningkatan Kepuasan Nasabah (Studi pada Bank BSI KCP Barru.) Perkembangan teknologi digital telah mendorong inovasi di sektor perbankan, salah satunya melalui layanan digital banking. Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadirkan Byond by BSI untuk mempermudah nasabah dalam mengakses layanan keuangan secara cepat dan fleksibel. Namun, kepuasan nasabah tidak hanya bergantung pada kemudahan akses, melainkan juga dipengaruhi oleh faktor Keakuratan, Kecepatan dan Keamanan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Barru. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
MUHAMMAD FERDIANSYAH_2120203861206072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif Byond by BSI di Bank BSI KCP Barru. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, serta uji koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keakuratan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t-hitung 1,299 lebih kecil dari t-tabel 1,985 dan signifikansi 0,197. Kecepatan juga berpengaruh positif namun tidak signifikan, ditunjukkan oleh nilai t-hitung 1,109 < 1,985 dan signifikansi 0,270. Sebaliknya, Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai t-hitung 4,654 > 1,985 dan signifikansi 0,000. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai F-hitung 19,333 lebih besar dari F-tabel 2,699 dan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square 0,357 menunjukkan bahwa Keakuratan, Kecepatan, dan Keamanan mampu menjelaskan 35,7% variasi kepuasan nasabah, sementara 64,3% sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Banking, Kepuasan Nasabah, Keakuratan,Kecepatan dan Keamanan.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:37
Last Modified: 18 Dec 2025 02:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item