Indah, Nur (2025) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Produk Tabungan Emas iB di BTN Syariah KCP Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
NUR INDAH_2120203861206024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tabungan masa depan yang dijadikan asset produktif merupakan bagian dari kegiatan investasi. Salah satu objek investasi yang cukup banyak diminati oleh banyak orang yaitu emas. Emas termasuk investasi yang aman sebab investasi emas mempunyai resiko yang kecil dan juga bersifat Zero Inflation. Pada tahun 2022 sampai dengan 2024 jumlah nasabah tabungan emas di BTN Syariah KCP Parepare untuk data awal dilakukan hanya berjumlah 19 orang. Ini menjadi bukti rendahnya minat nasabah terhadap produk tabungan emas di BTN Syariah KCP Parepare dibandingkan dengan produk tabungan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari beberapa faktor yang kemungkinan mempengaruhi minat nasabah untuk mengambil tabungan emas diantaranya adalah promosi (X1), kualitas produk (X2), dan motivasi (X3). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah produk tabungan di BTN Syariah KCP Parepare sebanyak 2801 nasabah dan sampel sebanyak 100 nasabah yang dihasilkan dengan menggunakan rumus slovin dan teknik Simple Random Sampling. Sedangkan teknik pegumpulan data yaitu menggunakan angket dengan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas. Dilihat dari nilai t-hitung 3,507 > t-tabel 1,984 dengan signifikan 0,001 < 0,05, variabel kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung emas dilihat dari nilai t-hitung 2,072 > t-tabel 1.984 dengan signifikan 0,041 < 0,05, sedangkan variabel motivasi tidak berpengaruh terhadap minat menabung emas dilihat dari nilai t-hitung -1,861 < t-tabel 1,984 dengan signifikan 0,066 > 0,05. Kemudian melalui uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel promosi, kualitas produk, dan motivasi berpengaruh positif secara simultan terhadap minat menabung emas dilihat dari (f-hitung) 77,682 > (f-tabel) 2,700 dengan signifikan 0,001. Pada uji regresi linear berganda dapat dilihat bahwa variabel promosi memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat menabung emas di BTN Syariah KCP Parepare sebesar 0,447.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Emas, Btn Syariah KCP Parepare, Promosi, Kualitas produk, Motivasi.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:10
Last Modified: 18 Dec 2025 02:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item