Anastasia, Putri (2025) Pengaruh Sosialisasi Terhadap Preferensi Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kelurahan Pangkajene Kecamatan Maritengngae. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
Putri Anastasia_2120203861206078.pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

Kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak perbankan syariah berdampak pada rendahnya pemahaman nasabah di Kelurahan Pangkajene mengenai produk-produk yang ditawarkan. Padahal, sosialisasi memiliki peran penting dalam membentuk preferensi nasabah. Melalui sosialisasi yang efektif, pemahaman dan pengetahuan nasabah tentang prinsip, manfaat, dan layanan bank syariah dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sosialisasi terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk bank syariah di Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan instrument kuesioner dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 385 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji one sample t-test menunjukkan bahwa nilai t_hitung untuk sosialisasi (|-10,551|) dan preferensi (244,853) lebih besar dari t_tabel (1,966) dengan nilai signifikansi 0,000. Ini mengindikasikan perbedaan signifikan dari nilai harapan, sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Meskipun demikian, tingkat sosialisasi sebesar 84,54% tetap tergolong sangat baik, dan preferensi sebesar 80% mencerminkan tingginya minat masyarakat terhadap produk bank syariah. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara sosialisasi dan preferensi dengan nilai 0,110 dan nilai signifikan (p-value) sebesar 0,030, meskipun korelasinya lemah. Uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi nasabah dimana t_hitung sosialisasi 2,175 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,030, namun dengan kontribusi yang rendah (R² = 0,012). Dengan demikian, sosialisasi terbukti berperan dalam meningkatkan preferensi nasabah terhadap bank syariah, namun masih diperlukan penguatan strategi dan pemanfaatan faktor lain agar pengaruhnya lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Preferensi, Produk Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:44
Last Modified: 18 Dec 2025 01:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item