ATRIANI, ATRIANI (2025) PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR ) TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
2120203862202008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) menegaskan bahwa perusahaan harus mengintegrasikan tanggung jawab sosial dalam strategi bisnis mereka untuk keberlanjutan jangka panjang. Corporate Social Responsibility (CSR) mengacu pada komitmen perusahaan untuk beroperasi dengan cara yang menguntungkan masyarakat dan lingkungan, melampaui kewajiban hukum mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap manajemen laba pada perbankan syariah yang terdaftar di OJK. Pelndelkatan yang dilakukan dalam pelnellitian ini adalah pelndelkatan kuantitatif dengan jelnis pelnellitian asosiatif. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perbankan syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan priode 2021-2023 yang diperoleh dari website OJK dan masing-masing perbankan syariah yang terdiri dari 11 Perbankan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel Corporate Social Responsibility (CSR) dan manajemen laba tergolong dalam kategori rendah. Ini dibuktikan dari uji koefisien korelasi, dimana diperoleh nilai signifikan 0,370 termasuk dalam iterval koefisien 0,20-0,399. Hasil uji-t menunjukkan bahwa hipotesis ditolak atau tidak terdapat pengaruh positif antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan manajemen laba. Hal ini dibuktikan dari uji-t yang dilakukan, diperoleh nilai signifikan 0,370>0,05. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokusnya di sektor perbankan syariah dan analisis dampak CSR yang kurang dieksplorasi sebelumnya, memberikan wawasan baru tentang interaksi antara CSR dan praktik manajemen laba. Kontribusi penelitian ini yaitu memperdalam pemahaman tentang efektivitas CSR dalam manajemen laba serta memberikan acuan bagi perusahaan perbankan syariah dan regulator dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang mendukung implementasi CSR yang berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Manajemen Laba. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:27 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 01:27 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
