NUR AIN, NUR AIN (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN CICIL EMAS DI BSI KCP PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203862201048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Produk pembiayaan Cicil Emas merupakan salah satu layanan unggulan BSI yang menawarkan kemudahan bagi nasabah dalam memiliki emas secara syariah. Namun, tingkat minat nasabah yang fluktuatif menunjukkan perlunya kajian terhadap faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, suku bunga, promosi, dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan Cicil Emas di BSI KCP Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 71 responden yang dipilih secara purposif berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa hanya variabel promosi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai signifikansi 0,026 < 0,05 dan thitung 2,272 > ttabel 1,996. Kualitas layanan memiliki nilai signifikansi 0,405 dan thitung –0,838. Suku bunga memiliki signifikansi 0,566 dan thitung –0,577. Sedangkan kepercayaan menunjukkan signifikansi 0,220 dan thitung 1,237. Ketiganya tidak berpengaruh signifikan karena nilai signifikansi > 0,05 dan thitung < ttabel. Uji F (simultan) menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, dengan nilai signifikansi 0,041 < 0,05 dan Fhitung 2,640 > Ftabel 2,509. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun secara parsial hanya promosi yang signifikan, secara simultan keempat variabel tetap memberikan kontribusi terhadap model. Dengan demikian, strategi promosi perlu menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan minat nasabah terhadap produk Cicil Emas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Suku Bunga, Promosi, Kepercayaan, Minat nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Lembaga Keungan Syariah
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 17 Dec 2025 06:46
Last Modified: 17 Dec 2025 06:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item