Aisyah, Muthia Nur (2025) ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA PENCAPAIAN STATUS AKREDITASI UNGGUL DI SDIT ANDALUSIA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
2020203886231017.pdf Download (6MB) |
Abstract
Muthia Nur Aisyah. Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Pencapaian Status Akreditasi Unggul di SDIT Andalusia Parepare (Dibimbing oleh Bapak Ismail Latief) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Peran Dan Kepemimipinan Kepala Sekolah Dalam Proses Peningkatan Status Akreditasi Unggul Di SDIT Andalusia Parepare, serta untuk mengetahui bagaimana Proses Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Status Akreditasi Menjadi Unggul di SDIT Andalusia Parepare Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah Dalam Proses Pencapaian Status Akreditasi Unggul di SDIT Andalusia Parepare berjalan dengan lancar, kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam proses peningkatan akreditasi, kepala sekolah memegang tugas dan tanggung jawab penuh pada semua stratagi yang akan dicapai, dimulai pada penyusunan rencana hingga proses evaluasi. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pencapaian Status Akreditasi Unggul di SDIT Andalusia Parepare, kepala sekolah telah memperlihatkan kepemimpinannya sebagai perencana, pendorong, motivator, dan evaluator yang baik untuk membawa dampak dan tujuan jelas bagi sebuah sekolah. Membuat suasana kerja yang nyaman serta menjalin hubungan yang baik dan menerapkan beberapa gaya kepemimpinan untuk pendekatan yang menekankan partisipatif anggota tim. Proses Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Status Akreditasi Menjadi Unggul di SDIT Andalusia Parepare mengacu pada proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi merupakan aspek yang harus diperhatikan oleh seorang manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan status akreditasi dengan melibatkan serangkaian langkah yang bertujuan untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan. Tujuannya adalah dengan menjalankan proses ini secara sistematis dan berkelanjutan, kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperoleh status akreditasi yang lebih baik sebagai bukti sekolah yang berkualitas.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Akreditasi Sekolah |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 06:40 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 06:40 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
