Apriliyani, Anisa (2025) ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PERSPEKTIF STAKEHOLDER SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI PAREPARE (Studi Kasus SMP Negeri 2 Parepare). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
191900026.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anisa Apriliyani, Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Perspektif Stakeholder Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Parepare. (dibimbing oleh Bapak Amiruddin, dan Ibu Sri Mulianah) Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 2 Parepare. 2) untuk mendeskripkan pandangan stakeholder terhadap implemetasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru SMP Negeri 2 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk memperoleh data, subjek penelitian ini yakni Sekretaris PPDB, Ketua PPDB, Kepala Sekolah, dan Orang Tua Siswa SMP Negeri 2 Parepare. Selain itu, penelitian ini menguji keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan sistem zonasi telah berjalan sesuai peraturan melalui jalur zonasi, afirmasi, dan prestasi, dengan sosialisasi dilakukan melalui media sosial, WhatsApp, surat edaran, dan situs resmi sekolah. Meskipun demikian, terdapat kendala seperti manipulasi data domisili dan kesulitan akses sistem daring oleh orang tua, yang diatasi sekolah melalui layanan bantuan dan kebijakan fleksibel bagi siswa dalam kondisi khusus. Tanggapan stakeholder pun beragam; Ketua dan Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menilai sistem ini membatasi akses siswa berprestasi dari luar zona dan menurunkan semangat kompetisi, sementara kepala sekolah menekankan pentingnya peran guru dalam membina siswa dari berbagai latar belakang. Sebagian besar orang tua merasa sistem zonasi tidak adil dan menyulitkan proses pendaftaran. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan evaluasi kebijakan zonasi secara proporsional oleh pemerintah, peningkatan kualitas sosialisasi dan pelayanan oleh sekolah, serta partisipasi aktif orang tua dalam mendukung kejujuran administrasi Pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 05:59 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 05:59 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
