Ramdhan, Muhammad Fitrah (2025) MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK DI UPT SMA NEGERI 2 KOTA PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text
18.1900.048.pdf Download (6MB) |
Abstract
Muhammad Fitrah Ramdhani, Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare (dibimbing oleh Hj. Hamdanah) Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan program bimbingan konseling dalam pembentukan karakter peserta didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare serta untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan layanan BK dalam pembentukan karakter peserta didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara kepada 2 Guru BK dan 7 peserta didik dengan teknik analisis data menggunakan data reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program bimbingan konseling dalam pembentukan karakter peserta didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare dilakukan melalui program harian yaitu mencakup berbagai aspek penting, termasuk kedisiplinan, karakter sehari-hari, pelaksanaan ibadah, dan tingkat kehadiran di kelas dengan tujuan utama untuk memastikan bahwa peserta didik tidak hanya berkembang secara akademis tetapi juga membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika yang diharapkan dan program semester mencakup evaluasi menyeluruh kepada peserta didik. 2) Strategi pelaksanaan layanan BK dalam pembentukan karakter peserta didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare yaitu strategi pembinaan hukuman dalam bentuk edukasi serta pelayanan Bimbingan secara persuasif dengan mengedepankan konseling pribadi kepada peserta didik yang mengalami hambatan baik itu dari aspek kedisiplinan maupun dari aspek akhlak dan tingkah laku yang buruk untuk membentuk karakter peserta didik. 3) Pengawasan Guru BK terhadap karakter peserta didik di UPT SMA Negeri 2 Parepare dilakukan secara terperinci dalam ruang BK dan diintegrasikan dengan evaluasi program setiap semester dengan Indikator utama dalam pengawasan meliputi kedisiplinan, perilaku keseharian, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah serta pengawasan dan evaluasi dilakukan dengan melibatkan guru lain dan orang tua dalam hal pengawasan karakter peserta didik
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, Manajemen, Pembentukan Karakter |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | nur indah fitriani |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 05:32 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 05:32 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
