Abdullah, Alfirah Khadijah (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DDI LIL-BANAT PARE-PARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1900.006.pdf] Text
17.1900.006.pdf

Download (7MB)

Abstract

Alfirah Khadijah Abdullah. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah DDI Lil-Banat Parepare. Muh. Dahlan dan Muh. Akib D. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kepemimpinan kepala madrasah di MTs. DDI Lil Banat Parepare, 2) mengetahui kinerja guru di MTs. DDI Lil Banat Parepare, dan 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madarasah terhadap kinerja guru di MTs. DDI Lil Banat Parepare. Populasi dari penelitian ini merupakan Kepala Sekolah MTs. DDI Lil Banat Parepare berjumlah 1 orang dan guru MTs. DDI Lil-Banat Parepare yang berjumlah 30 orang. Sampel kemudian ditentukan menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin dan menghasilkan sampel berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada analisis data numeralia yang diperoleh melalui metode statistika. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi dengan mengacuh pada indikator penilaian yang telah ditentukan sebelumnya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) tingkat kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs. DDI Lil Banat Parepare adalah 79% dari kriterium yang ditetapkan termasuk dalam kategori sedang dapat dikatakan bahwa kepala sekolah baik dalam hal melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin, 2) tingkat kinerja guru di MTs. DDI Lil Banat Parepare adalah 78% dari kriterium yang ditetapkan termasuk dalam kategori sedang, dan 3) tingkat pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah di MTs. DDI Lil Banat Parepare sebanyak 0,2%, dengan hasil uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh nilai Sig. 0,817.Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan Kepala Madrasah dan variabel kinerja guru MTs DDI Lil-Banat tidak memiliki korelasi yang signifikan sebab berdasarkan interpretasi ditemukan hubungan yang sangat rendah yakni 0,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nur indah fitriani
Date Deposited: 17 Dec 2025 05:24
Last Modified: 17 Dec 2025 05:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item