Ramadhani, Putri (2025) Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Digital terhadap Minat Penggunaan Layanan Mobile Banking di Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861211092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam sistem pembayaran, terutama dengan pergeseran dari penggunaan uang tunai menuju transaksi non-tunai atau cashless. Inovasi-inovasi di bidang keuangan, khususnya mobile banking, menjadi salah satu bentuk adaptasi layanan perbankan terhadap era digital yang menuntut kecepatan, kemudahan, dan efisiensi. Mobile banking kini semakin diminati karena memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara praktis melalui perangkat seluler, tanpa harus datang langsung ke kantor cabang. Meski demikian, tingkat pemanfaatan layanan ini tidak semata-mata ditentukan oleh ketersediaan teknologi, melainkan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis dan kemampuan individu seperti persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan kemampuan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan literasi digital terhadap minat penggunaan layanan mobile banking di Kabupaten Pinrang, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria seperti memiliki akses terhadap layanan internet dan pernah menggunakan mobile banking. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan mobile banking; (2) persepsi kemudahan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan; dan (3) literasi digital turut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi signifikan dalam memengaruhi minat penggunaan mobile banking di Kabupaten Pinrang. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan persepsi kegunaan dan kemudahan, serta literasi digital masyarakat dapat mendorong adopsi layanan mobile banking secara lebih luas.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, literasi digital, minat penggunaan, mobile banking. |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 05:57 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 05:57 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11731 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
