ARNAL, ARNAL (2025) STRATEGI DAKWAH USTAZ DAS’AD LATIF MELALUI PENDEKATAN HUMOR PADA CHANNEL YOUTUBE DAS’AD LATIF. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Arnal-2120203870230024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Strategi Dakwah Ustaz Das’ad Latif Melalui Pendekatan Humor di Channel Youtube Das’ad Latif". Di bimbing oleh Dr. Nurhikmah M.Sos.I. Di era media sosial, Youtube menjadi bagian dari konteks sosial global yang mendukung para dai dalam menyampaikan dakwah kepada umat. Melalui platform ini, dai dapat memilih materi dakwah yang sesuai dengan kondisi mad’u, Ustaz das’ad latif menjadi salah satu penceramah yang menggunakan strategi dalam berdakwah di youtube dengan pendekatan humor sehingga memiliki jutaan viewers dan subscriber yang berkembang pesat. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah yaitu, strategi dakwah ustaz das’ad latif dengan pendekatan humor dan respon viewers pada vidio ceramah di akun channel youtube da’sad latif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi terhadap video ceramah, dokumentasi schreenshoot komentar viewers serta wawancara daring dengan beberapa penonton Channel Youtube Das’ad Latif. Proses analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan teori citra dai dan Uses and Gratification menunjukkan bahwa strategi dakwah pendekatan humor Ustaz Das’ad Latif pada channel youtube adalah , dengan menjaga citra diri dalam konten dakwah yang dimiliki,pemilihan tema dakwah dan gaya bahasa , teknik penyampaian dengan teknik humor yang penuh hikmah , respon viewers pun menunjukkan beragam respon, mulai dari respon tertawa senang yang bermanfaat, respon reflektif yang mendalam, respon kritikal lugas,respon neatif dan tidak setuju , respon motivasi dan dorongan dan respon inspiratif . Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan dakwah melalui media digital tidak hanya bergantung pada isi pesan, tetapi juga pada cara penyampaiannya yang komunikatif, kontekstual, dan adaptif terhadap dinamika audiens

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Humor, Platfom Youtube,Strategi dakwah ustaz das’ad latif.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 16 Dec 2025 04:19
Last Modified: 16 Dec 2025 04:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item